Minum kopi dan Manfaatnya

Senin, 04 Juli 2011

Siapa yang tak pernah minum kopi? Kemungkinan lebih dari separo penduduk bantaeng minum kopi. Minuman yang berwarna hitam ini memang mujarab, antara lain; obat ngantuk (biasanya untuk menemani begadang saat2 membuat tugas), juga obat pusing.
Asal usul kopi
Sejarah kopi dapat ditelusuri jejaknya dari sekitar abad ke-9, di dataran tinggi Eithopia. Dari sana lalu menyebar ke Mesir dan Yaman, dan kemudian pada abad ke-15 menjangkau lebih luas ke Persia, Mesir, Turki dan Afrika utara.

Pada awalnya kopi kurang begitu diterima oleh sebagian orang. Pada tahun 1511, karena efek rangsangan yang ditimbulkan, dilarang penggunaannya oleh para imam konservatif dan othodoks di majlis keagamaan di Makkah. Akan tetapi karena populariti minuman ini, maka larangan tersebut pada tahun 1524 dihilangkan atas perintah Sultan Selim I dari Kesultanan Utsmaniyah Turki. Di Cairo, Mesir, larangan yang serupa juga disahkan pada tahun 1532, di mana kedai kopi dan gudang kopi ditutup.

Dari dunia Muslim, kopi menyebar ke Eropa, di mana minuman ini menjadi popular selama abad ke-17. Orang Belanda adalah yang pertama kali mengimpot kopi dalam skala besar ke Eropa, dan pada suatu waktu menyeludupkan bijinya pada tahun 1690, karena tanaman atau biji mentahnya tidak diizinkan keluar kawasan Arab. Ini kemudian berlanjutan pada penanaman kopi di Jawa oleh orang Belanda.
Khasiat kopi
LUPAKANLAH bahawa kopi dapat menyebabkan anda tidak dapat tidur pada waktu malam, membuat anda gelisah atau meningkatkan tekanan darah anda. Menurut Profesor Peter Martin, pengarah Institut Kajian Kopi di Universiti Vanderbilt, Amerika Syarikat, kopi berpotensi baik untuk manusia. "Hasil awal dari kajian yang kami jalankan menunjukkan bahawa kopi berpotensi mempunyai kebaikan untuk kesehatan.
  1. Ingin Sperma 'Berenang' Cepat? Minum Kopi! Sebelumnya penelitian dekafein menyebutkan bahwa salah satu kandungan kopi, bisa mengurangi risiko diabetes, memperlancar peredaran darah, dan menghilangkan pusing. Ternyata kopi juga bisa membuat sperma berenang lebih cepat serta merangsang kesuburan pria . Sebuah studi yang dilakukan kelompok peneliti dari Universitas Sao Paulo, Brasil, menyebutkan lelaki yang rutin minum secangkir kopi setiap pagi, memiliki sperma yang mampu berenang lebih lincah dibanding lelaki yang tak pernah minum kopi di pagi hari. Mereka meneliti 750 lelaki yang akan melakukan vasektomi dan membaginya dalam empat kelompok berdasarkan jumlah kopi yang mereka konsumsi, yakni mereka yang tak minum kopi, peminum kopi ringan, peminum kopi sedang dan peminum kopi berat. Penelitian ini menggunakan ukuran skala cangkir 100 ml. Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi kopi secara rutin setiap hari memiliki kualitas sperma jauh lebih sehat dibanding yang tak mengkonsumsi kopi. Kandungan kafein dalam kopi membantu sperma mampu berenang lebih cepat selain membantu memperbaiki sample sperma dalam proses IVF (in-vitro fertilisation), metode pembuahan di luar rahim. Hasil penelitian itu diterbitkan dalam jurnal hasil konferensi American Society for Reproductive Medicine, di San Antonio.
  2. Dapat mempengaruhi pendapat seseorang. Hasil penelitian dari Universitas Queensland seperti dilansir SMH, Detik.com,Selasa (6/6/2006), membuktikan bahwa kopi bisa merangsang seseorang untuk menjadi tertarik dengan bahan pembicaraan yang dilontarkan. Tak hanya itu saja, kandungan kafein dalam kopi juga bisa membuat orang tertarik dengan bahan pembicaraan yang sebelumnya enggan dibahas. Sampelnya adalah 140 pelajar yang ditanya tentang masalah aborsi dan euthanasia. Para sukarelawan ini diminta untuk membaca sebuah argumen tentang euthanasia dan aborsi, yang berlawanan dengan pendapat mereka. Sebelum membaca argumen tersebut mereka satu kelompok diminta untuk minum jus jeruk biasa, dan kelompok lainnya meminum jus yang telah dicampur dengan kafein yang setara dengan dua cangkir kopi. Setelah itu mereka dites lagi untuk menunjukkan pendapatnya tentang dua topik kontroversial di atas. Hasilnya: mereka yang meminum jus dengan kandungan kafein ternyata mengalami perubahan pandangan. Dari yang awalnya setuju, lalu bisa berubah pikiran sampai 180 derajat. Ck..ck…ck..!Intinya, sejumlah kadar kafein dalam minuman bisa membuat seseorang lebih mudah dirayu atau dibujuk. Kafein juga dipercaya dapat membuat wanita lebih mudah berkata ‘iya’.Kencan yang berjalan tak sesuai harapan juga bisa berubah hangat dengan bantuan kopi. Kadar kafein dalam kopi bisa meningkatkan kemampuan otak dalam mencerna informasi. Hasil dari proses tersebut, pendirian atau perilaku seseorang bisa berbeda.Kenapa kafein membuat orang lebih mudah dirayu? Menurut penelitian ini, adalah kemungkinan karena kafein bisa membuat mood seseorang lebih baik dan lebih positif. Nah, kondisi itu membuat pikiran seseorang lebih terbuka. Tapi, hasil penelitian tersebut tidak bisa disamakan pada semua kondisi. Menurut ilmuwan lain dari Australia, kafein hanya bisa mencapai efek yang tersebut di atas jika seseorang benar-benar sedang fokus pada permasalahan yang dibahas.
  3. Menjaga agar perut tetap ramping. Perut gendut memang mengurangi daya tarik. Diantara tip-tip untuk membuat perut tetap langsing, yang antara lain: a)Hindari meminum minuman bersoda. Karbonat yang terkandung didalamnya akan menambah jumlah air dalam perut namun menahannya. Hal ini akan membuat perut tampak lebih buncit. b)Minum air putih banyak-banyak. Minum 8-10 gelas air putih akan memancing buang air kecil lebih sering, sehingga air tak akan menumpuk di badan. c). Mengkonsumsi makanan diet ada bagusnya untuk tubuh. Namun harus berhati-hati, karena sorbitol, pemanis buatan yang biasa terdapat dalam makanan diet sanggup membuat perut kembung. Makan sedikit-sedikit tapi dengan frekuensi yang lebih banyak, malah baik. Dengan begini perut tak akan terlalu penuh dan tak jadi membengkak. d). Hindari ngemil makanan yang asin, karena garam di dalam biskuit atau keripik akan menaham air dalam tubuh dan ini salah satu penyebab perut membuncit. e). Minumlah susu kedelai sebagai penetralisir isi perut. Jika alergi dengan laktosa, gantikan susu sapi dengan susu kedelai. f) Kafein juga bisa dipakai untuk merangsang kotoran dalam perut keluar. Sebelum pergi ke acara penting dan perlu memakai gaun yang menonjolkan bentuk tubuh, ada baiknya “kuras” kotoran perut dengan kopi atau sejenisnya (Yulia Dian, DetikHot, Senin, 18 September 2006)
  4. Menurut Profesor Martin lagi, dalam laporan Reuters, kebanyakan kajian mengenai kopi sepanjang 20 tahun lalu tertumpu kepada kafeina yang merupakan ramuan aktif yang utama dalam kopi. Kafeina merangsang sistem saraf utama dan telah lama digunakan sebagai ubat pelega sakit, pengawal selera, penghindar ngantuk dan sebagai rawatan untuk merawat demam dan semput. Yang tidak baiknya, badan kita boleh menjadi ketagih kepada kafeina dan ini boleh mengakibatkan beberapa kesan sampingan jangka pendeknya, termasuklah corak tidur yang terganggu, perasaan berkecamuk dan tekanan darah yang meningkat. Bagaimanapun, hasil awal daripada kajian yang dilakukan oleh Institut Pengajian Kopi itu menunjukkan bahawa kopi juga kaya dengan antioksidan -- bahan yang mengurangkan kesan-kesan bahan bahaya dalam diri manusia dan dapat melawan beberapa jenis penyakit. Oksigen yang bercampur dengan kimia-kimia lain menjadi partikel terangsang (charged particles) yang dipanggil radikal bebas yang merosakkan sel-sel dan tisu dalam badan kita. Tetapi, dengan adanya antioksidan, terhindarlah kerosakan seperti ini melalui pembentukan radikal bebas. Radikal bebas boleh menjadi penyumbang utama kepada beberapa penyakit seperti penyakit jantung, barah dan katarak mata serta kemerosotan sistem saraf dan daya ketahanan. Hasil kajian oleh Institut Kajian Kopi itu juga menunjukkan bahawa kopi mengandungi empat kali lebih tinggi kadar antioksidan berbanding teh -- satu lagi sumber yang kaya dengan antioksidan, kata Dr Euan Paul, pengarah saintifik Pusat Maklumat Sains Kopi. "Adanya prospek bahawa kopi boleh mengurangkan risiko kematian akibat sakit jantung adalah penting dan mendorong kami untuk membuat kajian lanjut," kata Profesor Martin.Badan manusia melawan unsur-unsur bahaya dalam dirinya dengan beberapa cara termasuk melalui sistem perlindungan enzim dan antioksidan. Beberapa jenis antioksidan terbaik yang diketahui ialah vitamin E, vitamin C dan carotenoids yang terdapat dalam makanan seperti kacang soya, rempah-ratus serta buah jenis limau, bawang dan buah zaitun. Membakar kopi juga didapati meningkatkan kesan antioksidan, dan meniadakan kafeinnya tidak akan merosakkan mahupun mengurangkan kandungan antioksidan itu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Baca Juga

Peristiwa Yang Pernah Terjadi hari Ini

Peristiwa

1740 - Hari kedua pembantaian orang Tionghoa oleh VOC di Batavia.

1780 - Sebuah topan dahsyat menewaskan 20.000-30.000 jiwa di kawasan Karibia.

1964 - Olimpiade musim panas 1964 dibuka di Tokyo, Jepang.

1970 - Fiji meraih kemerdekaannya.

1938 - Jerman mencaplok wilayah Sudetenland dari Cekoslowakia.

1973 - Wakil Presiden Amerika Serikat Spiro Agnew mengundurkan diri

1979 - Permainan Pac-Man dirilis di Jepang oleh Namco.

1986 - Sebuah gempa bumi mengguncang San Salvador, El Salvador. Sekitar 1.500 orang tewas

1987 - Pemerintahan militer pimpinan Sitiveni Rabuka menyatakan Fiji sebagai republik.

2005 - Angela Merkel diumumkan sebagai Kanselir Jerman terpilih

2007 - Orang pertama Malaysia di luar angkasa, Sheikh Muszaphar Shukor meluncur ke angkasa menaiki pesawat Rusia Soyuz TMA-11.

Kelahiran

1813 - Giuseppe Verdi, komposer Italia (w. 1901)

1861 - Fridtjof Nansen, penjelajah Norwegia, penerima penghargaan Nobel (w. 1930)

1870 - Ivan Alekseyevich Bunin, penulis Rusia, penerima penghargaan Nobel (w. 1953)

1900 - Helen Hayes, aktris Amerika Serikat (w. 1993)

1903 - Vernon Duke, komposer dan penulis lagu Amerika Serikat (w. 1969)

1913 - Claude Simon, penulis Perancis, penerima penghargaan Nobel (w. 2005)

1924 - James Clavell, penulis Australia (w. 1994)

1924 - Umar Wirahadikusumah, Wakil Presiden Republik Indonesia keempat

1930 - Harold Pinter, pemain drama Inggris, penerima penghargaan Nobel(w. 2008)

1930 - Yves Chauvin, kimiawan Perancis, penerima Penghargaan Nobel dalam Kimia

1936 - Gerhard Ertl, kimiawan Jerman, penerima penghargaan Nobel

1941 - Peter Coyote, aktor Amerika Serikat

1946 - Naoto Kan, politisi Jepang

1954 - David Lee Roth, penyanyi Amerika Serikat (Van Halen)

1957 - Rumiko Takahashi, mangaka Jepang

1963 - Anita Mui, penyanyi Hong Kong (w. 2003)

1965 - Chris Penn, aktor Amerika Serikat (w. 2006)

1973 - Semmy Schilt, kickboxer Belanda

1974 - Julio Ricardo Cruz, pemain sepak bola Argentina

1974 - Dale Earnhardt, Jr., pembalap NASCAR

1975 - Ramón Morales, pemain sepak bola Meksiko

1978 - Jodi Lyn O'Keefe, aktris Amerika Serikat

1979 - Ahn Chil Hyun (Kangta), penyanyi Korea Selatan H.O.T.

Meninggal

19 - Germanicus, jenderal Roma (l. 15 SM)

1659 - Abel Tasman, penjelajah Belanda (l. 1603)

1963 - Édith Piaf, penyanyi Perancis (l. 1915)

1985 - Yul Brynner, aktor kelahiran Rusia (l. 1920)

1985 - Orson Welles, sutradara dan aktor Amerika Serikat (l. 1915)

2000 - Sirimavo Bandaranaike, Perdana Menteri Sri Lanka (l. 1916)

2004 - Christopher Reeve, aktor Amerika Serikat (l. 1952)

2005 - Milton Obote, Presiden Uganda (l. 1925)

2009 - Stephen Gately, penyanyi Irlandia (Boyzone) (l. 1976)

Hari besar dan peringatan

Hari anti hukuman mati sedunia.

Gabung Donk Dengan Kami

Komentar Sahabat