Kaisar Kubilai Khan

Kamis, 14 Juli 2011

Kubilai Khan Lahir tanggal 23 september dan meninggal dunia 18 februari 1294, Terlahir sebagai putra kedua dari Tului dan Sorghatani Beki  cucu dari Jenghis khan. Ia menggantikan kakaknya Mengke pada tahun 1260.
DINASTI YUAN
Kubilai Khan kemudian mengangkat dirinya bukan saja sebagai Khan dari Kekaisaran Mongolia  namun juga sebagai Kaisar China, dan membangunDinasti Yuan di tanah China. Ia lalu memerintahkan untuk memindahkan ibukota Mongol ke Beijing. Pada saat itu kerajaan Mongol mencapai zaman keemasannya dimana pedagang dari China dapat pergi berdagang di Eropa dengan aman. Para pedagang Eropa yang haus akan kain sutra pun dapat datang membeli barang dagangan di China dengan aman tentram. Marco Polo dari Italia tiba di China pada masa Dinasti Yuan, dan pernah dijadikan gubernur oleh Kubilai Khan. Hal inilah menandakan perdagangan langsung pertama kalinya muncul antar Eropa dan China, dimana permintaan Eropa akan porselein, ukiran, dan sutra dari China melaju tinggi.
Berbagai invasi ke negeri-negeri Asia Timur dan Asia Tenggara dilancarkan oleh pasukan-pasukan Kublai Khan. Tujuan utamanya ialah untuk memperluas pengaruh kekuasaan, melancarkan perdagangan dan menerima upeti dari negara-negara lain di Asia. Kekaisaran Dinasti Yuan mencapai batas terluasnya saat di bawah kekuasaan Kublai Khan, dengan penaklukan tuntasnya atas Dinasti Sung, yang terjadi pada tahun 1279.
Kubilai Khan tidak hanya disibukan oleh peperangan, namun ia juga mempelajari tradisi China. Ia senang dengan kehidupan dan adat istiadat China. Artis, tukang pahat, tukang masak terbaik semua dikumpulkan di Beijing untuk memacu adat-istiadat negara. Marco Polo dikabarkan juga membawa banyak kekayaan budaya seperti sutra dan resep memasak dari China ke Italia.
Invasi Yang Pernah Dilakukan Oleh Kubilai Kahan

  • Invasi Ke korea. Kejadian ini terjadi pada tahun 1216
  • Invasi Kejepang. Invasi ini dilakukan selama 2 kali. Invasi Pertaman terjadi pada tahun 1274, namun karena ada badai tsunami invasi ini gagal. Invasi kedua terjadi pada tahun 1281
  • Invasi Ke Vietnam Utara. Invasi ini terjadi 1285 namun gagal dan dilanjutakn pada tahun 1287
  • Invasi Kecampa dan Kamboja. Setelah kerajaan Annam berhasil dikuasai Mongol, pasukannya mulai berekspedisi ke arah selatan. Dalam tahun yang sama, raja Champa menyerah dan menyerahkan kekuasaan ketangan Mongolia seperti raja Annam. Mereka menjadi raja boneka yang dikontrol sepenuhnya oleh Kubilai Khan.
  • Invasi Ke Tibet dan Thailand. Invasi ini berlangsung damai. Hal tersebut dikarenakan raja dari kerajaan tersebut mengakui kedaulatan Mongolia dan setuju untuk mengirimkan upeti terhadap kerajaan Mongol. Pada saat itu, Kubilai Khan juga disibukkan oleh berbagai perang dengan kerajaan lain, sehingga tidak ada pasukan yang dikirim untuk mendiami wilayah Thibet maupun Thailand.
  • Invasi ke Burma. Kerajaan Burma pada saat itu sedang dalam zaman keemasan dengan memiliki pasukan yang berlimpah. Pasukan Burma pada umumnya berupa pasukan gajah. Namun hal itu tidak menjadi tantangan besar oleh pasukan Mongolia. Pada tahun 1277 dan 1283, pasukan Burma mengadakan invasi ketanah Mongolia di China untuk menunjukkan kekuatan mereka. Pasukan penghukum yang dipimpin oleh Temur (cucu Kubilai Khan) meratakan ibukota Burma, Pagan. Raja Burma berhasil kabur dari pertempuran tersebut, namun pada tahu 1287 seluruh wilayah Burma berada dalam  kekuasaan Mongolia.
  • Invasi Ke Jawa. Pada akhir tahun 1292 angkatan perang Mongol mulai dikirim ketanah Jawa dikarenakan duta besar mereka dipermalukan oleh kerajaan Singashari dibawah rajanya Kertanegara. Pada tahun 1293 angkatan perang tersebut mendarat di Rembang dan mulai melaju kearah timur Jawa. Pada saat mereka tiba, tanah Jawa dipenuhi dengan kehancuran yang diakibatkan oleh perang, jauh sebelum mereka tiba. Kerajaan Singhasari sendiri sudah jauh hari dihancurkan oleh Kerajaan Kediri. Pasukan Mongol yang tidak tahu apa yang harus mereka perbuat itu disiasati oleh Raden Wijaya untuk berontak melawan kerajaan Kediri. Raja Jayakatwang akhirnya tertangkap, dan Raden Wijaya mendirikan kerajaan yang diberi nama majapahit. Pasukan Mongolia kemudian diserang oleh Raden Wijaya sendiri dan diusir dari tanah jawa. Panglima Mongol yang sudah kehilangan sedikitnya 3000 tentara dan dipengaruhi dengan iklimtropis yang lembab dan panas itu memutuskan untuk berlayar kembali ke tanah Mongolia dengan berbekal emas budak dan hasil rampasan perang lainnya dari tanah Jawa. Namun setelah ia kembali, Kubilai Khan menjadi marah besar setelah mendengar cerita ekspedisinya. Panglima tersebut diberi hukuman 16 cambukan dan setengah dari kekayaannya disita kerajaan.
Warisan Budaya
Kubilai Khan pernah memerintahkan berbagai bumbu makanan dari pelosok dunia Eropa, India dan Arab dikirimkan ke Beijing untuk membuat makanan baru. Pada saat itu juga, makanan terkenal dinamakan Bebek Penggang Beijing (Peking Roast Duck) ditemukan dan sampai sekarang ini makanan itu dikenal seluruh dunia sebagai salah satu makanan terenak dari China. Salah satu legenda yang umum, ialah tentang resep masak dan cara membuat Mie (bakmie), yang telah dipakai oleh rakyat China selama lebih dari 4000 tahun. Dikatakan bahwa makanan aneh tersebut kemudian dinamakan Spaghetti dan menjadi makanan nasional Italia.
Walaupun Kubilai Khan gemar mempelajari budaya Cina, namun tidak semua panglimanya memiliki minat yang sama. Banyak sekali panglima perang atau tentara Mongol yang selalu menjarah desa-desa dan kota. Banyak pula wanita yang diculik ataupun dibawa paksa untuk dijadikan budak digurun Mongolia. Desa-desa sering kali dibakar dan penduduknya terbantai sebagai sarana olahraga atau permainan yang diadakan oleh pasukan Mongol. Adapula panglima Mongol yang memerintahkan agar setiap rumah tangga harus dikawal oleh satu tentara Mongol. Setiap orang dilarang untuk berhubungan dengan tetangganya. Hal ini menimbulkan amarah penduduk setempat, yang kemudian menyiasatkan sebuah taktik, yaitu dengan cara menyembunyikan surat rahasia kedalam kue-kue yang kemudian dibagikan kepada setiap rumah sebagai peringatan pesta bulan penuh. Dalam surat itu menyatakan tindak pemberontakan dan setiap penduduk diminta untuk membunuh tentara Mongol yang menjaga rumah mereka pada saat yang sama. Hari peringatan tersebut kemudian dijadikan hari adat-istiadat nasional di China, dan bahkan dirayakan oleh orang Tionghoa seluruh dunia sebagai Perayaan Kue Bulan - Moon Cake Festival (Perayaan Tiong Chiu).
Akhir Kerajaan Mongolia
Kerajaan Mongol diakhiri oleh perebutan kekuasaan dan pemberontakan diseluruh jajaran wilayah Mongolia. Setelah kehancuran Dinasti Yuan di China, Kaisar Zhu Yuanzhang dari China mendirikan Kerajaan Ming dan memerintahkan untuk mengadakan operasi balas dendam terhadap Mongolia. Ibukota Mongolia diratakan dengan tanah berserta seluruh harta karunnya. Setelah kerajaan Mongolia hancur, sejarah mencatat bahwa hanya dalam 1-2 generasi, rakyat China dan Eropa hilang hubungan dan tidak mengetahui sesamanya. Setelah itu Eropa tidak pernah tahu keberadaan negeri China, dan sebaliknya. Marco Polo yang pulang ke Italia dan memberitakan ekspedisi yang ia alami selama di China, dimana ia melihat vihara yang beratapkan emas, kerajaan yang berlimpah akan makanan dan harta itu, tidak dipercayai oleh orang Eropa. Namun ada seseorang yang percaya akan legenda yang diceritakan oleh Marco Polo. Ia adalah colombus, yang mengadakan pelayaran untuk mencari dunia yang diceritakan oleh Marco Polo, dan akhirnya mendarat di benua baru yang dinamakan benua amerika

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Baca Juga

Peristiwa Yang Pernah Terjadi hari Ini

Peristiwa

1740 - Hari kedua pembantaian orang Tionghoa oleh VOC di Batavia.

1780 - Sebuah topan dahsyat menewaskan 20.000-30.000 jiwa di kawasan Karibia.

1964 - Olimpiade musim panas 1964 dibuka di Tokyo, Jepang.

1970 - Fiji meraih kemerdekaannya.

1938 - Jerman mencaplok wilayah Sudetenland dari Cekoslowakia.

1973 - Wakil Presiden Amerika Serikat Spiro Agnew mengundurkan diri

1979 - Permainan Pac-Man dirilis di Jepang oleh Namco.

1986 - Sebuah gempa bumi mengguncang San Salvador, El Salvador. Sekitar 1.500 orang tewas

1987 - Pemerintahan militer pimpinan Sitiveni Rabuka menyatakan Fiji sebagai republik.

2005 - Angela Merkel diumumkan sebagai Kanselir Jerman terpilih

2007 - Orang pertama Malaysia di luar angkasa, Sheikh Muszaphar Shukor meluncur ke angkasa menaiki pesawat Rusia Soyuz TMA-11.

Kelahiran

1813 - Giuseppe Verdi, komposer Italia (w. 1901)

1861 - Fridtjof Nansen, penjelajah Norwegia, penerima penghargaan Nobel (w. 1930)

1870 - Ivan Alekseyevich Bunin, penulis Rusia, penerima penghargaan Nobel (w. 1953)

1900 - Helen Hayes, aktris Amerika Serikat (w. 1993)

1903 - Vernon Duke, komposer dan penulis lagu Amerika Serikat (w. 1969)

1913 - Claude Simon, penulis Perancis, penerima penghargaan Nobel (w. 2005)

1924 - James Clavell, penulis Australia (w. 1994)

1924 - Umar Wirahadikusumah, Wakil Presiden Republik Indonesia keempat

1930 - Harold Pinter, pemain drama Inggris, penerima penghargaan Nobel(w. 2008)

1930 - Yves Chauvin, kimiawan Perancis, penerima Penghargaan Nobel dalam Kimia

1936 - Gerhard Ertl, kimiawan Jerman, penerima penghargaan Nobel

1941 - Peter Coyote, aktor Amerika Serikat

1946 - Naoto Kan, politisi Jepang

1954 - David Lee Roth, penyanyi Amerika Serikat (Van Halen)

1957 - Rumiko Takahashi, mangaka Jepang

1963 - Anita Mui, penyanyi Hong Kong (w. 2003)

1965 - Chris Penn, aktor Amerika Serikat (w. 2006)

1973 - Semmy Schilt, kickboxer Belanda

1974 - Julio Ricardo Cruz, pemain sepak bola Argentina

1974 - Dale Earnhardt, Jr., pembalap NASCAR

1975 - Ramón Morales, pemain sepak bola Meksiko

1978 - Jodi Lyn O'Keefe, aktris Amerika Serikat

1979 - Ahn Chil Hyun (Kangta), penyanyi Korea Selatan H.O.T.

Meninggal

19 - Germanicus, jenderal Roma (l. 15 SM)

1659 - Abel Tasman, penjelajah Belanda (l. 1603)

1963 - Édith Piaf, penyanyi Perancis (l. 1915)

1985 - Yul Brynner, aktor kelahiran Rusia (l. 1920)

1985 - Orson Welles, sutradara dan aktor Amerika Serikat (l. 1915)

2000 - Sirimavo Bandaranaike, Perdana Menteri Sri Lanka (l. 1916)

2004 - Christopher Reeve, aktor Amerika Serikat (l. 1952)

2005 - Milton Obote, Presiden Uganda (l. 1925)

2009 - Stephen Gately, penyanyi Irlandia (Boyzone) (l. 1976)

Hari besar dan peringatan

Hari anti hukuman mati sedunia.

Gabung Donk Dengan Kami

Komentar Sahabat